SENTHE WULUNG : ALOKASIA JAWA

Tanaman berdaun lebar ini mudah sekali tumbuh di penjuru bumi pertiwi. Kabarnya, tahun depan senthe bakal menjadi primadona baru, menggantikan posisi Anthurium. Masyarakat pedesaan percaya daun senthe bisa menghalau teluh, atau wulung.
 
Kalangan pehobi tanaman sudah mulai mereke-reka, kira-kira tanaman apa yang akan menggantikan posisi Anthurium sebagai primadona. Banyak yang meramalkan, senthe adalah salah satu jenis tanaman yang potensial menduduki posisi prestisius tersebut.Salah satu jenis senthe yang dikabarkan akan naik harkatnya adalah senthe hitam, alias senthe wulung (Alocasia plumbea). “Pasalnya, di pasaran tanaman ini mulai jarang dijual, tapi banyak dicari orang. Kayaknya pedagang sedang “menumpuk” senthe dan bakal dikeluarkan tahun depan,” duga Tintin Ryanti dari Monagique Nursery.

Benarkah senthe hitam akan booming tahun depan? Banyak orang yang meragukannya. “Tanaman ini pertumbuhannya sangat gampang dan mudah dicari. Jadi, enggak mungkinlah dicari orang kemudian harganya jadi mahal,” tutur pemilik nursery lain.

Benar. Senthe memang merupakan tumbuhan liar yang biasanya hidup di pinggiran sungai, persawahan, rawa, empang ataupun tegalan yang lembap. Karena tumbuh liar dan banyak, senthe kerap diabaikan. Itu sebabnya banyak yang meremehkan senthe bakal melangit harganya di tahun depan.

Apapun, senthe yang masuk ke dalam keluarga Alokasia ini banyak jenisnya. Selain senthe hitam, ada senthe berdaun lebar berwarna hijau yang kerap dijadikan payung oleh masyarakat pedesaan di saat hujan, yang biasa disebut talas hutan (Alocasia macrorhiza). Ada juga yang menyebutnya Java Black Alocasiase. “Bahkan ada yang variegata (bintik putih di daun),” ujar Hadi Warsita dari Fay Nursery.

KELUAR AIR
Lantas, apa, sih, keunikan senthe? Hadi mengatakan, seperti halnya anthurium, keistimewaan senthe terletak pada daunnya. Ia pernah membeli senthe hitam senilai Rp 1,5 juta yang bentuknya seperti ular dengan tinggi 1,5 meter. “Daunnya berkerut di tengah, sangat unik dan cantik. Selain itu daunnya juga melebar dengan batang yang kokoh.”

Keunikan lain, daun senthe bergelombang dan di seluruh permukaannya terdapat tekstur yang indah, ditopang urat daun yang menonjol kokoh. Senthe yang ditanam di tanah, bila terawat dengan baik bisa mencapai tinggi 2 – 4 meter. “Sampai-sampai kita bisa berteduh di bawahnya. Tentu saja prosesnya sangat lama. Disimpan sebagai tanaman hias pun terlihat sangat cantik.”

Senthe milik Tintin lain lagi, termasuk jenis air mata bunda, yang daunnya akan mengeluarkan air di malam hari. Proses pengeluaran air di daun ini disebut gutasi, yang disebabkan oleh perbedaan suhu di dalam dan di luar tanaman. “Jadi kalau terkena sinar lampu daunnya akan mengilap,” cetus Titin.

MUDAH DIPERBANYAK
Sebagaimana sifat tanaman jenis Alokasia pada umumnya, senthe juga bandel. Selain tahan panas juga tidak rewel dalam hal perawatan karena pada dasarnya merupakan tumbuhan liar. “Kondisi udaranya kering tapi tanaman harus lembap. Karena memiliki bonggol bisa menyerap banyak air,” papar Tintin yang menyarankan menyiram cukup sore saja. Akan lebih baik jika dikasih pupuk untuk bonggol.

angan biarkan kutu, ulat, jamur putih, telur semut, binatang kaki seribu, dan belalang memakan senthe. Perhatikan juga media tanam yang terdiri dari sekam bakar, tanah, atau cocopeat. “Senthe sangat mudah dipebanyak, dengan bunga, biji, dan bonggol,” jelas Hadi.

Setelah bonggol dipotong, lalu jemur. “Perlu diperhatikan, jika asalnya sudah di tempat teduh simpan di tepat teduh. Begitu juga sebaliknya. Jadi, dari kecil sudah dibiasakan tempatnya. Biasanya kalau disimpan di tempat panas, daunnya akan lebih tebal. Sementara di tempat teduh lebih tipis,” tandas Hadi.

Sembuhkan Penyakit
1. Senthe biasa juga disebut lompong, kajar-kajar, tanaman talas besar yang banyak tumbuh di pekarangan rumah di Jawa.
2. Selain Alokasia, tanaman yang disebut senthe juga ada yang berasal dari rumpun Caladium.
3. Agar daun senthe terlihat mengilap, oleskan dengan minyak bayi.
4. Setelah melalui proses tertentu, umbi senthe bisa dipakai menyembuhkan kanker otak.

Koleksi: Monagique Nursery, Jl. Way Seputih Komp. Pengairan, Jakarta (021 5637453), Fay Nursery, Griya Depok Asri, Jl. Tole Iskandar, Depok.

Noverita K. Waldan

Dari : tabloidnova.com

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s