Jenis-Jenis Kelinci

AMERICAN CHINCHILLA


Kelinci jenis ini dibedakan 3 macam :

  1. Tipe Standar dengan bobot dewasa 2,5 – 3 kg
  2. Tipe Besar dengan bobot dewasa 4,5 – 5 kg
  3. Tipe Giant dengan bobot dewasa 6 – 7 kg

Kelinci ini dikembangkan sebagi ternak dwiguma yaitu produksi fur dan daging. Kelinci American Chinchilla tipe standar diimpor dari Perancis oleh AS pada tahun 1919 dengan ciri kelinci ini warna abu-abu ( chinchilla ) , panah penuh berisi, punggung ramping dan melengkung dari tengkuk sampai dengan pantat.

Kelinci raksasa alias Giant Chinchilla adalah hasil persilangan antara standar chinchilla dengan Flemish giant. Namanya disingkat dari Giant Chin, penemunya adalah Ed Stalh dari Missouri Amerika Serikat. Penampilan kelinci besar ini mirip dengan tipe standar tapi bulunya lebih tebal dan isi dagingnya lebih baik.

Sumber : Kelinci Potong dan Hias – B.Sarwono

Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 18:45 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

CALIFORNIAN

Kelinci jenis ini dikembangkan diAmerika Serikat sejak tahun 1923. Californian adalah hasil persilangan keturunan hasil kawin silang Himalayan dan Chinchilla dengan New Zealand White . Penemunya George West . Kelinci ini resmi diakui oleh ARBA tahun 1939. Saat ini kelinci ini dikembangkan didumia sebagai hewan penghasil daging yang baik.

Ciri-ciri Kelinci ini adalah sebgai berikut :

  • Bulunya putih dengan telinga,hidung,ekor dan kaki kelabu tua atau hitam
  • Warna hitam dihidung bisa mencapai separuh muka
  • Warna kelopak dan bulu mata pink
  • Bobot dewasa jantan ideal 3,6 – 4,5 kg, betina 4,3- 4,7 kg
  • Punggung sedikit membulat, bagian samping dan bahu penuh berisi daging

kelinci jenis salah satu kelinci yang dapat merawat anak dengan baik dan tingkat kelahiran anak rata-rata 48 ekor pertahun. Dengan bobot umur 60 hari rata-rata 1,8 kg

Sumber : kelinci potong dan hias _ B Sarwono Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 18:30 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Senin, April 06, 2009

SATIN

Satin adalah jenis kelinci yang berasal dari Amerika Serikat, ditemukan pada tahin 1930-an. Bobot Satin jantan antara 3,8 – 4,3 kg, sedangkan satin betina lebih besar rata-rata 4,2 – 5 kg. Kelinci Satin relatif jinak dan penurut, terutuma betina. Kulit bulunya tebal, sedang bulunya sendiri agak lebat lurus. Hal ini dimanfaatkan sebagai jaket penghangat.

Kelinci Satin adalah hitam, biru,california,chinchilla, coklat, perak merah, putih bewarna merah, siam dan otter. Warna berkilau indah, menyebabkan baris rambutnya lebih tipis. Jarak bulu-bulunya padat berdekatan dengan bulu yang lembut dibagian perut.

Rata-rata induk melahirkan stabil antara 7 – 10 ekor. Tidak baik mengawinkan rek dengan satin , pengalaman membuktkan keturunannya akan rentan fisik

sumber : buku kelinci- fainz Mashur,internet dll

Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 21:08 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

POLISH

Polish berasal dari Belanda , tergolong kelinci paling tua karena ditemukan pada tahun 1884 . Berat badannya lebh besar dari Nederland Dwarf yakni 1,3 kg. Produktifitasnya melahirkan 4 ekor anak. Umur nya bisa bertahan antara 5 – 7 tahun dan bisa lebih panjang. Ciri khas kelinci ini bulunya halus dengan berbagai warna, mata tajam dan telinga pendek bulat meruncing.

sumber materi dan foto : internet

Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 20:27 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Minggu, April 05, 2009

TAN

Kelinci ini berasal dari Amerika Serikat . Bulu kelinci ini mengkilap , punggung hitam atau abu-abu, sedangkan dibagian bawah perut sampai dagunya bewarna coklat kemerah-merahan tajam. Tan berat badannya antara 1,8 – 2,6 kg. Produktifitasnya antara 6 – 8 ekor. Beberapa orang menggunakan sebagai hewan hias karena kelinci ini unik dan jinak. Tan dapat dimanfaatkan bulunya karena mengkilap.

Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 22:33 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

HARLEQUIN

Jenis kelinci berasal dari perancis . Kelinci ini memeliki corak warna yang unik berupa garis-garis belang disekujur badan. Berat badan kelinci ini rata-rata 2,7 – 3,6 kg. Masa hidupnya bisa mencapai 5 – 7 tahun . Produktivitasnya mampu menghasilkan 6 ekor anak, terkadang sampai 10 ekor.

sumber materi dan gambar : internet


Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 21:16 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Sabtu, Maret 28, 2009

ENGLISH SPOT


Kelinci ini berasal dari Inggris ciri-cirinya badan besar dengan bulu dasar putih dengan totol hitam, coklat,abu-abu atau kihijauan disekitar tubuh. Ini hampir sama dengan Rek Totol hitam, yang membedakan kalau rek bulunya halus pendek seperti bludru, tetapi kalau kelinci English Spot memiliki bulu yang halus memanjang. Berat badan dewasa jenis kelinci ini antara 2,5 – 3, 9 kg dengan umur rata-rata 5 – 8 tahun.

Produktifitas kelinci ini antara 5,5 bulan sampai 3 tahun. Induk melahirkan antara 3- 5 , kadang-kadang 6-8 ekor. Pertumbuhan kuku kelinci jenis sangat cepat, sebaiknya didalam kandang ditempatkan bata atau kayu untuk mengerat.

sumber : Internet, buku kelinci-Fainz Mansyur,dll Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 17:24 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

NETHERLAND DWARF

Kelinci ini berasal dari Polandia dan berkembang di Belanda, karena berkembang di Belanda dinamakan “Netherland Dwarf”. Ini salah satu kelinci yang langka di Indonesia karena harganya yang mahal.

Ciri-ciri kelinci ND , antara lain :

  • Bobotnya hanya berkisar antara 0,8 – 1,2 kg. Salah satu jenis kelinci kecil
  • Produktifitas mapu melahirkan antara 3 – 5 ekor.
  • Masa hidupnya antara 5 – 7 tahun dan besi lama lagi.
  • Penampilannya unik dengan bulu yang pendek dan mengkilap, warna bulu banyak pilihan

sumber : Internet, buku kelinci- Fainz Mansyur, dll Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 17:09 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

HIMALAYAN

Kelinci jenis adalah salah satu kelinci yang paling mahal yang beredar di Indonesia, karena tidak semua peternak memilikinya. Salah satu penyebabnya karena produktivitasnya yang rendah yaitu beranak antara 2-6
Kelinci ini bobotnya antara 0,8 – 1,3 kg hampir sama dengan jenis Hotot. Ciri- ciri yang menonjol , antara lain :

  • Kepalanya panjang dan lancip dengan bulu putih dan warna mata merah
  • Bagian telinga, kaki,wajah memliki warna tertentu yang khas, warna umum berupa hitam,coklat dan lilac

Kelinci ini tergolong kelinci jinak dan tidak rewel dalam makanan, tetapi perlu perhatian ekstra karena kelinci ini suka tempat yang sepi jauh dari keramaian. Pada saat mengawinkan kelinci Himalayan harus dicari waktu birahi tinggi, karena perkawinan kelinci ini sering gagal. Disarankan saat mengawinkan pada pukul 06.00 – 08.00 WIB.

Kelinci himalayan adalah salah satu kelinci yang suka memanjat, disarankan dalam pembuatan tinggi kandang agak tinggi supaya dapat berdiri.

sumber : internet, buku kelinci -Fainz Mansyur Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 16:50 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Kamis, Maret 26, 2009

LOP

Ciri khas kelinci ini adalah telinga panjang menjuntai kebawah . Kelinci Lop ada beberapa jenis. diantaranya Holland Lop, Fuzzy Lop, Mini Lop.

Holland Lop

Kelinci ini hidungnya pesek. Panjang telingan antara 10-13 cm. Nampak badung dan lucu, karakternya tidak liar. Kelinci ini muncul tahun 1949, dimana seorang peternak di Nederland, Andrian DeCock mengawinkan jenis Nederland Dwarf dengan jenis French Lop yang hasilnya jenis kelinci yang kita kenal Holland Lop. Kelinci ini dibawa oleh Peternak Amerika, Aleck Brooks III dan dikenalkan ada masyarakat Amerika Serikat pada Tahun 1979. Berat badan rata-rata 2 kg. Ciri lain pada badannya yaitu bahunya luas dan dada agak masuk ke dalam, sedangkan kakinya pendek dan besar sehingga nampak seperti anjing. Telinga yang menjuntai dan kumis yang khas membuat keunikan yang sulit ditemukan pada jenis kelinci lain. Warna bulunya beragam antara lain : hitam, abu-abu,putih,coklat,kombinasi 3 warna terkadang kuning kecoklat-coklatan ada pula yang memeliki bulu seperti kura-kura.

Fuzzy Lop

Kelinci ini pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dengan hollad lop perbedaanya pada bulunya. Fuzzy Lop memiliki bulu yang lebih lebat, sedangkan Holland Lop bulunya tipis.
Mini Lop

Kelinci ini tergolong ras barau yang berasal dari Jerman, hasil perkawinan Holland Lop dengan Nederland Dwarf tahun 1982. Kemudian dikembangkan di Amerika Serikat sampai sekarang. Ciri khasnya pada badannya yang kecil , dimana bobotnya sekitar 1,8 kg.

Sumber materi : Internet, Buku kelinci -Fainz Manshur
Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 08:56 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Jumat, Maret 20, 2009

DWARF HOTOT

Kelinci jenis berasal dari Jerman yang banyak dikembangkan di Nederland, jenis ini sangat unit karena kebanyakan coraknya yang putih mulus dan bagian matanya dikelilingi warna hitam pekat. Matanya nampak seperti Ninja, sebagian tidak memiliki lingkaran hitam dibagian mata namun memiliki putih murni yang menggairahkan. Pada punggung terdapat warna hitam bergaris lurus dan beberapa titik hitam kecil disekitarnya. Beratnya umur dewasa hanya 1,4 – 1,8 kg.


Jenis ini tergolong agresif , larinya kencang, susah ditangkap dan cocoknya dipelihara sebagai hewan hias pada area kebun yang luas. Karena kelinci jenis ini suka melompat-lompat dan memutar badannya di udara.

Hotot jenis kelinci yang kurang jinak, namun jika dilatih dari kecil akan luluh juga. Saat masa kehamilan kelinci betina nampak galak dan gelisah. Kalau di pegang seringkali bunyi krukh….krukh.., ini tandanya takut dikawinkan lagi.

Keunggulan Hotot adalah kondisi fisiknya yang kuat. Mereka lebih tahan dari kematan dibanding jenis lain seperti Lop dan anggora yang agak rapuh. Hotot seringkali lolos dari kematian sekelipun sering mencret. Dengan pengobatan yang baik , Hotot akan cepat sembuh adri biasanya.

Kelinci ini sangat penyayang terhadap anaknya, pada beberapa kelinci saat melahikan anaknya, gagal merawat, tidak demikian dengan Hotot. Betina Hotot akan merawat anaknya penuh perhatian dan lebih pintar. Mereka sering kali menjilat dan mengelus-elus anknya menggunakan kaki depan.

Kelemahan kelinci ini tidak suka berdekatan dengan manusia, bila kita ingin mengelus kelinci ini lari menjauh dan lebih suka ditonton dari kejauhan, karakter ini bertolak belakang dengan rek.
sumber materi dari internet, buku “kelinci-faiz Manshur, kelinci Hias dan Daging -Sarwono”
Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 23:20 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Rabu, Maret 18, 2009

ANGGORA

Kelinci jenis ini dianggap mesterius asal usulnya, karena sebagian orang beranggapan bahwa kelinci ini berasala dari Perancis yang dibawa oleh Pelaut Inggris tahun 1923, lalu 1977 kelinci ini berkembang di Eropa Barat dan 1990 banyak di ternakan di Amerika Serikat. Lama kelamaan asal usul kelinci ini mulai terungkap dari TURKI, karena dikaitkan dari hasil penelitian bahwa kelinci jenis ini menyerupai jenis kucing dan kambing Anggora yang berasal dari Angkara- TURKI

Jenis kelinci ini ada 3 macem ( sumber : http://www.animalworld.com ) :
~ Anggora Inggris : kelinci ini jenis anggora yang paling unik , karean hampir seluruh bulunya menutupi semua anggota badan, sehingga tidak dapat membedakan antara telinga dan wajahnya. Anggora Inggris sangat tenang pembawaannya, jenis kelinci beratnya kira-kira 3,5 kg, untuk dipeihara bagusnya 2,7 kg.

~ Anggora Perancis : kelinci tidak memiliki buu pada kepala, wajah dan telinga atau bagian depan kakinya. Sisa tubunya memiliki bulu agak kasar dan mudah gimbal. Bulu jenis kelinci ini mudah dirawat, bobotnya bisa mencapai antara 2,8 – 4,5 kg. 4 Kg bobbot idealnya .


~ Anggora Satin : Jenis kelinci ini Bulunya berkilauan dan halus, tidak memiliki bulu pada bagian kepala, wajah, telingan dan bagian depan kaki seperti Anggora Perancis

~ Anggora Giant : Jenis kelinci sangat unik untuk ukuran bobotnya bisa lebih dari 4 kg. Untuk Kontes jenis ini harus benar-benar putih dan bulunya yang tebal.

Jenis kelinci Anggora banyak disukai orang karena bulunya yang tebal, dimana pertumbuhan buunya 2 cm tiap bulan. Kelinci ini agak lemah fisik, dicurigai karena hasil rekayasa genetika dengan jenis-jenis lain. Syarat memelihara kelinci ini harus menyisir dan memotong bulunya yang menggumpal. Pemberian makanan Hay wajib untuk mengurangi bulu yang menggumpal.
( sumber dari Internet, Buku Kelinci -Fainz Mansyur, Kelinci Hias dan daging- Sarwono )
Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 10:41 1 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

DUTCH


Jenis kelinci ini sangat unik, karena struktur badannya tubuhnya yang anggun dan kombinasi bulunya yang terbelah ditengah .Berat badan kelinci ini 1,7 – 2,2 kg tak jurang juga ada yang lebih dari 3 kg. Kelinci ini berasal dari Belanda , dan dipopulerkan oleh peternak Inggris pada tahun 1864.

Warna bulu kelinci ini unik, bagian belakang ada yang warna gelap, hitam, coklat, coklat kemerah-merahan, abu-abu agak hitam , sedangkan bagian perut ke depan warna putih. Bagian kepala warnanya sama dengan warna bulu badan bagian belakang.

Pola makannya tidak rewel, relatif asik dipelihara. Cara berlarinya unik, kepalanya naik turun seiring lompatan kaki. Karakter jinaknya terkandang hilang bila stress atau kurang minum.

dutch betina tidak mau dikawinkan dengan sembarang pejantan, terutama pejantan yang notabene nya kakak atau adiknya . Dutch betina lebih suka dikawinkan dengan pejantan yang elebih tua umurnya, terutama pejantan dari lain jenis.
( sumber materi : Internet, buku Kelinci-Fainz Mansyur, kelinci hias dan daging- Sarwono ) Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 10:02 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Minggu, Maret 15, 2009

REK

Badan kelinci ini sehat seperti kapsul, bulat memanjang. Bulunya pendek lembut merata. Warna untuk keinci Rek ini bermacam-macam : puth, hitam, orannye, hitam jelaga rusa, biru coklat dst. Warna lain juga ada yang menarik yaitu papilon gabungan 2 warna, dalmation totol-totol hitam dan 3 warna yang orang menyebutnya 3 colour.

Jenis kelinci ini dipopulerkan di Amerika serikat tahun 1924, karena bulunya yang halus dan merata. Bayak peternak yang mengembangkan untuk komiditi bulu sebagai pemenuhan jaket dan mantel, selain sebagai latar hiasan dinding seperti lukisan. Untuk jenis mini Rek menurut breeder Rek di AS , mulanya ditemukan di Perancis tahun 1919.

Panjang bulunya antara 6-8 mm hingga 1 cm. Karena bulunya yang pendek dan merata kita tidak perlu repot untuk mencukur dan memotongnya. Bobot kelinci ini 2-3 kg dan Induk biasanya beranak antara 6-8 ekor , ada juga yang mencapai 10 atau 12 ekor.

Rek betina lebih jinak dari pada Rek Jantan, Rek betina kurang suka bermain-main dnegan kotoran. Sedangkan rek jantan lebih suka bermain sampai badannya kotor.

Rek ini sangat cocok untuk dipelihara didalam rumah sebagai teman bermain, selain penurut dan mudah berbaur dengan manusia. Kelinci ini sangat senang di suapin saat makan dan dielus-elus sampai tidur. ( sumber materi dan foto : nternet, buku “kelinci-Fainz Mansur, kelinci hias dan daging-Sarwono )
Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 13:20 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Flamish Giant


st1\:*{behavior:url(#ieooui) } Jenis kelinci ini kelinci dengan tubuh terbesar didunia. ARBA ( Asosiasi Peternak Kelinci Amerika ) mengakui warnanya ada 7 variasi : hitam, biru, coklat, abu-abu muda, warna pasir, warna baja dan putih . Berat induk pejantan 5,6 kg dan betina 6,7 kg , dan yang luar biasa jenis bisa mencapai antara 8,5 kg – 11 kg.  Kelinci ini dipekirakan berasal dari Argetina. Pada abad 14- 17 di Argentina ditemukan jenis kelinci Patagonia, dibawa oleh pelaut Belanda pada abad 16. Nama Flemish berasal dari jenis kelinci Flander di Inggris, karena memiliki jenis yang besar

Karena kelinci ini mirip dengan kelinci jenis Patagonia , kabanyakan orang lebih percaya dari Argentina. Dalam penampilan , jenis kelinci Flemish Giant menampilkan ukuran tubuh yang lebar dengan bulu kasar dan tulang pinggul yang menonjol. Saat berdiri tegak biasa tidak tampil terlalu tampan dan cantik. Flamish Giant menjadi hewan besar yang lugu dan kalem, telingan panjang dan tebal menjuntai dan terkadang membentuk huruf “V”.

Flamish Giant mudah mendengarkan nama pemberian seperti jenis kelinci REK, dalam beberapa bulan kita menyebut namanya , ia akan ingat dan mengerti bahwa nama itu ditujukan kepada dirinya. Dan juga jenis ini menegrti bagaimana membuang kotorannya.

Usia kelinci ini tergolong telat, mulai bisa kawin usia 8 Bulan bahkan 10 bulan. Produktivtas beranak anatara 6-8 ekor , terkadang juga samapi 10 ekor. ( sumber materi dan foto : Internet, buku ” kelinci -Fainz Mansur, kelinci Hias dan Daging -Sarwono )
Diposkan oleh Oeeng’s Rabbit di 10:05 0 komentar Link ke posting ini Label:

Reaksi: 

 

Kamis, Juli 03, 2008

New Zealand

 Orang Jawa menyebutnya kelinci australi , jenis kelinci ini mudah perawatan dan tidak rewel soal makan. Beratnya rata-rata 4,5 – 5 kg, jadi cukup menyita pakan. Kelinci jenis ini banyak dipelihara kalangan petani Jateng dan jatim . Di Amerika dan Eropa keinci New Zealand banyak dijadikan kelinc hias karena polahnya yang hampir sama dengan kelinci jenis REK. Ia senang akan keramain dan melompat-lompat ditempat girang di tanah luas .

New Zealand bisa beranak pinak bayak antara 8- 12 ekor anak setiap melahirkan. Dagingnya tebal dan bagus untuk pedaging. Kelinci jenis ini bagus untuk pedaging, walaupun bulunya tidak sehalus jenis REK, tetapi memiliki manfaat untuk jaket dan aksesories.

Ciri menonjol jenis kelinci ini warnanya yang putih dan matanya merah dan telingan merah muda. wana lain juga bewarna hitam atau kemerah-merahan.

Kelinci ini pertama kali dikenal pada tahun 1912 di Amerika Serikat , dianggap silangan dari Belgian Hare dan kelinci putih. Varietes puth berasal dari silangan turunan seperti Flemish, American White dan Anggora. ( sumber dari internet dan buku ” Kelinci -Fainz Mansur dan Kelinci Potong dan Hias – Sarwono )

About these ads

11 thoughts on “Jenis-Jenis Kelinci”

  1. I tend not to leave a response, however after reading a lot of remarks here Jenis-Jenis Kelinci Embun Daun.
    I do have a couple of questions for you if it’s allright. Is it only me or does it look like a few of these remarks look as if they are left by brain dead individuals? :-P And, if you are writing at additional social sites, I would like to keep up with everything fresh you have to post. Could you list of every one of your social networking sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  2. Thanks for the post for writing “Jenis-Jenis Kelinci | Embun Daun”.
    Imay certainly wind up being coming back for
    much more reading and commenting shortly. With thanks, Alycia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s