BISNIS BARU! BROKER TANAMAN HIAS


Satu tahun terakhir ini, ada trend menarik di masyarakat dalam cara mendapatkan penghasilan. Booming tanaman hias rupanya telah merasuk sampai ke desa-desa. Alhasil profesi sebagai broker tanaman hias jadi idola, dengan alasan tidak perlu modal uang banyak, kerjaannya menyenangkan (keliling-keliling) dan hasilnya besar.

Broker (perantara) tanaman hias merupakan jembatan penghubung antara juragan tanaman hias (bos) dengan petani (penjual). Tugasnya mencari tanaman sampai pelosok-pelosok terus melaporkan sama bos. Bila harga setuju bos akan membeli tanaman tersebut lewat kita, untungnya tergantung nego kita sama petani.

Mari kita mulai menjelajahi profesi broker tanaman hias ini.

Modal yang diperlukan :

  1. Alat komunikasi, biasanya berupa telpon rumah atau hape. Lebih disarankan Hape karena dapat dibawa kemana-mana, sehingga saat kita tahu ada tanaman bagus dengan harga miring, kita bisa langsung tawarkan ke bos kita saat itu juga. Ada nilai plusnya kalau hape yang kita pake berkamera, jadi kalau kita ragu akan kualitas tanaman yang kita dapatkan, kita bisa konsultasi dulu sama bos kita lewat jepretan foto.

  2. Ini yang paling penting. Relasi. Untuk jadi broker kita mesti punya bos yang siap nampung tanaman hasil temuan kita. Untuk awal-awal bisa saja kita minta bantuan broker yang sudah jadi, istilahnya kita jadi perantara kedua, sambil belajar. Jika kita sudah dipercaya sama bos kita, itu jadi awal yang baik. Jangan ragu untuk sedikit menghabiskan pulsa demi hubungan baik dengan si bos.

  1. Pengetahuan tentang tanaman hias. Ini menjadi sangat penting, karena kita yang jadi ujung tombak di lapangan saat kita berhasil menemukan tanaman. Hal ini bisa dilatih dengan banyak mengunjungi nursery-nursery, atau melihat-lihat pameran yang ada. Jangan lupa juga untuk rajin membaca artikel-artikel tanaman hias, bahkan disarankan untuk rajin membeli tabloid khusus tanaman hias. Untuk hal ini, pemula lebih baik untuk mendalami satu macam / jenis tanaman hias terlebih dahulu. Saya sarankan untuk menekuni benar-benar jenis anthurium. Yang perlu dipelajari terlebih dahulu kayaknya jenis gelombang cinta dan jenmanii. Ini jenis yang paling popular, dan banyak diburu para kolektor.

  2. Banyak cari pengalaman, coba-coba dulu gak pa2, jangan takut untuk tanya-tanya.

OK yach, selamat mencoba!

http://c-o-r-n-e-r.blogspot.com/2007/09/bisnis-baru-broker-tanaman-hias.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s