MEMPERINDAH TAMPILAN ADENIUM

Daya tarik adenium tak hanya dari bunga. Akar dan batangnya pun memikat. Adenium memiliki akar yang unik. Ukuran akar dan batang semakin besar seiring bertambahnya umur tanaman. Pertumbuhannya pun tak hanya lurus menjulang menantang matahari , tapi bisa meliuk ke kiri dan ke kanan. Batang yang indah menampilkan kesan kokoh dan kuat. Batang bisa dibentuk sehingga akan tampak lebih unik dan lebih eksklusif.

A. TRAINING ADENIUM BARU (HASIL BURUAN)
Tanaman Adenium yang akan digunakan untuk dikoleksi ataupun untuk tujuan komersial sering didapatkan dari berburu , baik berburu di rumah-rumah penduduk ataupun di penjual tanaman hias. Adenium yang didapatkan seringkali tidak dipelihara dengan baik , dan juga tumbuh semau gue. berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk mempercantik adenium hasil buruan , sampai dapat ditanam di pot.

Menanam kembali adenium hasil buruan kerapkali dilakukan dengan cara “biasa” oleh sebagian kalangan penghobby adenium. Berikut ini juga akan diberikan langkah-langkah untuk “menghargai potensi tanaman adenium anda” – yang tidak sekedar tumbuh sehat dan berbunga banyak saja – yang tidak dilakukan oleh tukang tanaman biasa yang tidak memiliki taste artistik , termasuk juga inspirasi cara mempose adenium anda dengan sudut pandang professional , yang akan memberikan efek luar biasa bagi penampilan adenium anda.

A. TRAINING BONGGOL AKAR
Banyak hobiis menyangka bahwa bentuk bonggol yang unik hanya bisa diperoleh dari alam atau hasil perbanyakan biji. Apalagi di alam atau kebun , adenium berbonggol bagus termasuk langka. Di setiap kontes adenium , tanaman berbongol indah selalu menjadi primadona dn meraih juara. Dengan predikat juara tersebut , harga tanaman pun terdongkrak naik.
Meskipun langka , bentuk bonggol yang unik seperti menjuntai atau dikepang bisa dibentuk sendiri. Tak hanya batang dan cabang yang bisa dipermk , akar adenium juga bisa dirangkai. Lazimnya akar adenium hasil perbanyakan biji berukuran besar dan menggembung seperti bonsai.
Akar adenium hasil setek berbentuk serabut tidak bisa dikembungkan. Oleh kaena itu , untuk mendapatkan akar adenium yang menggembung harus dari biji. Semai biji di dalam polibag. Setelah tumbuh akar , angkat sendiri , supaya akar bawah saja yang mencari makanan. Dengan sendirinya akar atas akan menggembung. Beberapa nursery menjual biji adenium dari berbagai varietas.
Merangkai akar adenium tidaklah mudah. Pertama , cabut tanaman dari medianya. Letakkan tanaman ditempat teduh dan jangan terkena air. Dengan cara itu akar adenium akan tumbuh memanjang. Jika akar telah panjang , cabut dan layukan selama1-2 hari. Setelah akar lemas , pilin akar sehingga menyerupai kepang rambut. Dengan bentuk akar terpilin seperti itu membuat harga adenium meningkat menjadi 2 kali lipat. Bentuk akar menjuntai harganya bisa meningkat 3 kali lipat. Padahal bentuk rebah relatif lebih gampang dibentuk. Akar itu terbentuk karena pot jatuh sehingga rebah dan tumbuh mengikuti arah matahari.

B. MEMPERBESAR BONGGOL
Kelangkaan bonggol bagus membuat beberapa pekebun di tanah air bereksperimen merancang bonggol sejak tanaman muda. Bonggol muda berukuran 4-5 cm sudah bisa dibentuk. Tanaman yang sakit pun masih diselamatkan dan dibentuk. Dari sisa umbi masih bisa tumbuh akar. Bahkan , bentuknya lebih rapi karena akar muncul serempak dari pinggir bonggol yang sudah menganga.
Memaksa bonggol untuk tumbuh membesar memang relatif sulit dn resikonya esar. salah potong dan penanganan yang tidak tepat membuat tanaman merana dan mati. Itu sebabnya kebanyakan hobiis menggunakan tanaman sakit untuk dipotong. Toh , jika tanaman mati tidak merasa rugi. Sebenrnya beberapa pekebun malah menggunakan bonggol baru yang sehat. Justru tanaman yang sehat lebih cepat pulih setelah dilukai. Masa pemulihan tanaman yang relatif lama , bahkan beresiko mati.
Pilih tanaman yang batangnya berwarna hijau , mulus , dan bebas penyakit puru. Meskipun bentuk bonggol bagus , tetapi jika dipenuhi dengan puru akan mengurangi keindahan tanaman. Selain sehat , syarat lain adalah pertumbuhan tanaman harus bagus. Itu ditandai dengan adanya guratan di sekitar bonggol yang menandakan pertumbuhannya cepat.
Supaya penampilan terlihat cantik dan unik , gunakan bonggol sehat dan bercabang banyak. Tidak ada syarat khusus untuk ukuran tanaman , baik kecil dan besar bisa dipermak menjadi besar. Jika digunakan bonggol bercabang banyak , ketika besar sosok tanaman akan terkesan eksklusif. Setelah tanaman tersedia , pemolesan bisa dilakukan seperti berikut:

1. Siapkan pisau atau cutter yang tajam dan steril. Bersihkan pisau dengan alkohol 70% atau dipanaskan di atas api agar terbebas dari kuman penyakit.
2. Cabut tanaman dari pot perlahan-lahan dengan cara mengoyang-goyangkan agar merenggang. hal itu bertujuan agar akar tidak putus.
3. Letakkan tanaman diatas kertas atau talenan.
4. Potong tanaman tepat di bagian yang paling besar dari bonggol. Lakukan perlahan-lahan supaya bonggol tidak retak. Setelah , itu celupkan batang yang sudah dipotong ke dalam larutan fungisida selama 6-10 menit.
5. Selanjutnya , angkat dan keringanginkan di tempat teduh selama 30-60 menit.
6. Setelah batang terasa , olesi dengan zat perangsang akar , Rooton F atau Atonik untuk memacu pertumbuhan akar. Supaya bekas potongan steril , olesi luka dengan bawang putih. Bawang putih bukan untuk memacu pertumbuhan , tapi mensterilkan luka. Selanjutnya , keringanginkan di tempat teduh selama 5-10 menit.
7. Tanam kembali dan simpan di tempat teduh.

B. ADENIUM GRAFTING (PENYAMBUNGAN)

C. TRAINING BATANG

D. PEMBUANGAN

http://myadenium.com/memperindah/memperindah.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s