PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN BUAH NAGA

Perawatan tanaman buah naga mutlak diperlukan jika menginginkan berhasil dalam budidaya buah naga. Perawatan yang perlu dilakukan untuk tanaman buah naga meliputi hal-hal berikut :

1. Penyiraman tanaman

Penyiraman harus sesuai dengan kebutuhan tanaman, serta memperhatikan waktu penyiraman. Pada masa awal penanaman, penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. Jika penanaman dilakukan pada musim kemarau, kebutuhan penyiraman tiap hari menjadi mutlak diperlukan. Tetapi pada musim penghujan, frekuensi penyiraman bisa dikurangi tergantung curah hujan. Ketika curah hujan tinggi, jangan melakukan penyiraman.

2. Pemberian pupuk

Salah satu perawatan yang harus dilakukan pada tanaman buah naga adalah pemupukan. Mengenali sifat pupuk sangat penting dalam hubungan kebutuhan pupuk bagi tanaman buah naga. Dengan demikian bisa diketahuai pada setiap tahap pertumbuhan tanaman jenis pupuk apa yang dibutuhkan. Unsur nitrogen (N) dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar pada awal masa pertumbuhan tanaman yakni sejak tanaman muda hingga menjelang berbunga dan berbuah. Ketika tanaman buah naga mendekati masa berbunga tanaman banyak membutuhkan pupuk dengan kandungan fosfor (P) dan kalium (K) yang tinggi. Pemupukan harus dilakukan secara berkala sehingga dapat terpenuhi respon yang cepat dari pertumbuhan buah naga.

3. Pengaturan percabangan

Pengaturan cabang bertujuan untuk mengatur pembuahan dan untuk menjaga kesehatan tanaman. Pengaturan percabangan ini dilakukan dengan cara pemangkasan cabang dan tunas bakal cabang. Sebaiknya pemangkasan dilakukan pada bakal cabang yang masih dalam bentuk tunas. Karena luka bekas pemangkasan tunas cabang tidak akan membahayakan bagi kesehatan tanaman. Cabang boleh saja dipelihara jika tumbuh pada ujung atas cabang, itupun jumlahnya harus dibatasi. Maksudnya agar pertumbuhan menjadi optimal. Pengaturan cabang yang baik dengan pola 1-3-5. Artinya, 1 batang utama, 3 cabang pertama, dan 5 cabang kedua. Buah hanya boleh muncul pada cabang kedua, jumlahnyapun dibatasi. Biarkan tumbuh 15 buah saja. Dengan asumsi tiap cabang menghasilkan 3 buah.

http://dk-breakthrough.blogspot.com/2008/06/perawatan-dan-pemeliharaan-buah-naga.html

8 thoughts on “PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN BUAH NAGA”

  1. salam sukses ………..sy mau nanya,
    sy ad menanam buah naga putih udah berumur 2 thnan tp blm berbuah dgn maksimal,yg sy tanyakan gmn caranya agarbuah naga lbh bnyk lg buahnya,
    pdhl dr pemupukan sll rutin.sebelumnya terima kasih banyak.

  2. nama saya kolok alamat telaga jernih blok f2 kec.secanggang kab.langkat. kamidi langkat sangat susah mendapatkan bibit buah naga. seandainya kami memesan dengan jumlah 1000 batag berapa biayanya dengan jenis buah naga merah.

  3. salam dari rusman maksud saya kenapa bunga buah naga saya tidak mau lengket buahnya sedangkan bunganya banyak sekali bagai mana cara mengatisi supaya menjadi buahnya

  4. salam,saya Edy dari Klaten,saya mau tanya,pohon buah naga dirumah saya sangat subur dan bunganya lebat,tp sampai saat ini blom pernah jadi buah,gmn caranya supaya bunganya bisa jadi buah,trims..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s