Penyewaan Tanaman Hias, Bisnis yang Menggiurkan

Liputan6.com, Jakarta: Kesibukan tinggi masyarakat perkotaan nyatanya membuka berbagai kesempatan usaha. Di antaranya, bisnis penyewaan tanaman hias untuk perkantoran yang hingga saat ini adalah bisnis yang menjanjikan. Namun, pengelolaan bisnis ini sebenarnya tak sesederhana yang dibayangkan orang. Tanaman, yang dipilih tak hanya indah, sejuk dipandang mata, dan juga minim perawatan, juga harus tersedia berbagai ukuran. Untuk hiasan meja hingga yang besar untuk penghias pintu utama gedung. Ini seperti yang dilakukan Maria Nurani yang menjalankan bisnis ini sejak 2003.

Maria menuturkan, usahanya ini berawal dari hobinya memelihara tanaman hias. Seiring itu, Maria mengaku menerima pesanan untuk merangkai bunga, menjual tanaman, dan bunga hingga pada akhirnya memberanikan diri untuk merambah ke usaha penyewaan tanaman hias.

Dalam menjalankan bisnisnya, Maria menjelaskan ada berbagai sistem. Ada sistem rental untuk kantor dan hotel yang biasanya pakai kontrak minimal tiga bulan dengan minimal 10 tanaman. Perumahan juga sekarang banyak yang rental tanaman, terutama untuk ekspatriat. Selama kontrak itu, mereka akan mengganti tanaman dua pekan sekali. “Tanaman yang lama ditarik, kita ganti yang baru,” ujar Maria.

Maria menambahkan, harga sewa tanaman yang ditawarkan juga cukup beragam. Mulai harga sewa per tanaman dari Rp 30 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Koleksi tanaman hias dan bunga yang ditawarkan juga cukup beragam. Di antaranya Brumelia, Drasena, Palem Bambu, Pandan Bali, dan Angrek.

Andreas Oei adalah sosok lain yang menjalankan bisnis ini sejak 10 tahun silam. Dibantu 20 orang karyawan, Andreas mampu memberikan benefit yang maksimal kepada 300 pelanggannya. Pasalnya, sejak awal bisnisnya menerapkan strategi khusus dalam pemilihan jenis tanaman agar memberikan benefit yang maksimal. Begitu juga dengan harga sewa dan sistem pemeliharaan, Andreas mengaku, memberikan masa pemulihan bagi tanaman setiap dua pekan sekali, yaitu dicuci dan penggantian media tanam.

Eksistensi usaha yang dijalankan Maria dan Andreas sesungguhnya tak lepas dari kiat-kiat usaha yang mereka tempuh. Di antaranya, harus menepati waktu pengiriman, memiliki keragaman jenis tanaman serta tanggap dalam merespons keluhan pelanggan. Sebagai sarana pelanggan berinteraksi, para pengusaha penyewaan taman ini juga memiliki website khusus yang bisa diakses tiap waktu. Pada masa mendatang, mereka optimistis secara konsisten menambah jumlah koleksi tanamannya sehingga mampu memenuhi setiap pesanan yang datang.(ORS/Tim Usaha Anda)

http://www.liputan6.com/lainlain/?id=119148

One thought on “Penyewaan Tanaman Hias, Bisnis yang Menggiurkan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s