CARA MUDAH PERBANYAKAN SIRIH MERAH

Daun Sirih Merah yang merupakan perpaduan warna hijau dan merah, serta dihiasi garis-garis urat daun semu kelabu memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar tanaman hias. Tanaman ini umumnya dikenal sebagai tanaman obat. Meski dapat diperbanyak dengan cara stek batang, ternyata terjadinya kegagalan dalam perbanyakan banyak dikeluhkan orang.  “tingkat keberhasilan dibanding kegagalannya dapat mencapai 1 : 5”. Kata Supardi warga Mlati Sleman pada saat berkunjung ke Stan BPTP Yogyakarta di Pameran Potensi Daerah Sleman 2007. 

Kegagalan pada umumnya terjadi karena setelah dipotong stek langsung ditanam sehingga beberapa hari kemudian terjadi pembusukan batang dan lama kelamaan tanamanpun mati. Proses pembusukan akan berlangsung lebih cepat jika kondisi tanah terlalu banyak mengandung air. Untuk menghindari kebusukan, stek yang telah dipotong perlu dibiarkan selama 2-3 hari agar getah yang terdapat dibekas luka potongan mengering, kemudian barulah ditanam. Cara lainnya adalah dengan merundukkan batang yang ada akarnya ke tanah kemudian ditimbun dengan tanah.  Setelah akar tumbuh banyak, stek dapat dipotong dan bekas luka ditetesi dengan lilin, sebaiknya tanaman dibiarkan dulu hingga 7-10 hari selanjutnya bisa dipindah ke pot lain.

Cara lain yang lebih mudah adalah menggunakan gelas plastik bekas air minum / aqua. Bagian dasar plastik dilubangi sebesar batang sirih merah, kemudian guntinglah bagian sisi gelas dari atas hingga ke dasar yang berlubang. Pilih bagian batang yang berakar dan masukkan ke dalam gelas plastik lewat belahan yang tergunting, selanjutnya belahan pada sisi gelas plastik direkat kembali menggunakan isolatif plastik bening. Nah, kini tinggal memasukkan tanah kedalam gelas plastik hingga akar tertutup dengan baik. Penyiraman dilakukan jangan terlalu basah, sekedar lembab saja sudah cukup, sehingga dapat dilakukan 2 – 3 hari sekali.  jika akar telah tumbuh banyak, akan tampak memutih dan bisa dilihat dari tepi dinding gelas plastik (biasanya sekitar 3 bulan), stek dapat dipotong . Dengan cara ini begitu stek dipotong dapat langsung dipindah ke pot lain, tetapi jangan lupa mengolesi bekas luka potongan dengan tetesan lilin untuk mencegah pembusukan (RH).

http://infobptpjogja.multiply.com/journal/item/6/TIPS_1_CARA_MUDAH_PERBANYAKAN_SIRIH_MERAH

 

4 thoughts on “CARA MUDAH PERBANYAKAN SIRIH MERAH”

  1. saya saat ini sedang gandrung dengan dunia per sirih an ( suruh jawa ) untuk sirih merah sudah cukup banyak dan merimbun ( untuk koleksi saja ) sedang yang hitam susah sekali tubuhnya, tolong bagi pembaca yang tahu caranya mempercepat tumbuhnya sirih hitam papua ( konon sirih hitam ada 3 macam, papua, ambon dan yang dari jawa barat) bagaimana terima kasih sebelumnya

  2. Saya juga punya pengalaman sama,saya bawa sirih hitam dari jogya setelah 4 hari sampai Jakarta lama-lama daunnya mengering, kemudian saya tanya sama pedagang tanaman hias pinggir jalan, dijakarta memang suasah memelihara sirih hitam makanya pedagang jarak yang berjualan sirih hitam, kemungkinan dari faktor iklim yang berbeda.

  3. Dengan cara ini begitu stek dipotong dapat langsung dipindah ke pot lain, tetapi jangan lupa mengolesi bekas luka potongan dengan tetesan lilin untuk mencegah pembusukan (RH).

    apa tetesan lilinnya ikut ditanam atau dibuang dulu?thx.neubie…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s