Belimbing Wuluh, si Masam Penuh Manfaat

JAKARTA – Jika punya seikit sisa halaman, ada baiknya ditanami pohon belimbing sayur. Orang Jawa menyebutnya sebagai belimbing wuluh. Beda dengan belimbing biasa, buah ini berbentuk bulat lonjong, tidak berlekuk-lekuk. Tapi warnanya juga hijau kekuningan. Kenapa harus menanam belimbing sayur?
Walau rasanya asam, buah ini ternyata memiliki cukup banyak khasiat. Salah satu yang paling dikenal orang adalah sebagai obat sariawan.
Konon, rasa masam yang teramat sangat pada belimbing sayur mengandung kadar vitamin C cukup tinggi. Jika dikunyah begitu saja dan ditempelkan pada bagian sariawan, bisa cepat sembuh.
Khasiat lain adalah sebagai obat asma atau sesak nafas. Cukup dengan merebus bunga belimbing sayur dengan air dan gula batu. Lalu diminum sehari dua hingga tiga kali setiap hari, sampai asma dan alerginya sembuh. Pada masyarakat Jawa, belimbing wuluh juga diyakini mampu mengobati batuk kering.
Bernama latin Averhoa bilimbi L., banyak ahli sepakat bahwa tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dan Malaysia. Sewaktu muda, buahnya berwarna hijau muda dan berubah kuning sampai kemerahan setelah tua.
Belimbing sayur buahnya berbentuk bulat lonjong sebesar ibu jari tangan hingga sebesar ibu jari kaki orang dewasa, dan rasanya sangat asam. Biasanya dipakai sebagai penyedap masakan seperti opor dan sayur asam. Tumbuhan berbatang keras ini bisa mencapai ketinggian 10 meter. Daunnya yang kecil berhadapan. Bunganya merah muda keunguan.
Buah ini juga mengandung kalium yang mampu melancarkan keluarnya air seni sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Belimbing wuluh juga mampu mengeluarkan dahak dan menurunkan panas. Khasiat lain adalah menurunkan tekanan darah tinggi.
Caranya mudah saja, rebus tiga buah belimbing wuluh yang diiris-iris dengan tiga gelas air sampai tinggal setengah. Saring lalu diminum satu kali sehari pada pagi hari. Untuk mengobati sakit gigi, cukup dicuci bersih lalu dikunyah dengan sedikit garam.
Ulangi beberapa kali agar sakitnya hilang. Sementara itu, sebagai obat batuk, segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunga, dan dua buahnya serta gula batu secukupnya direbus dengan dua gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, ramuan ini cukup untuk diminum dua kali sehari. (mer)

http://www.sinarharapan.co.id/berita/0702/23/ipt05.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s