Manfaat dan diversifikasi buah kelapa

Bagian-bagian tanaman kelapa yang dapat dimanfaatkan unuk bahan baku industri antara lain, buah kelapa. Buah kelapa ini terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit, buah, daging buah, dan air kelapa.

1. Daging Buah Kelapa
Merupakan sumber protein yang mudah dicerna. kandungan zat dalam daging kelapa ini dapat diolah ,menjadi berbagai produk kebutuhan rumah tangga, seperti bumbu dapur, santan, kopra, minyak kelapa dan kelapa parut kering. Selain itu juga dapat sebagai bahan untuk margarin, es krim, bahan kosmetik,pelumas, kembang gula, shampoo, sabun cuci dan minyak rambut.
2. Air Kelapa
Mengandung mineral, gula, abu, air, dan dapat diolah menjadi sirop, nata de coco, cuka, kecap dan lain-lain.
3. Tempurung Kelapa
Dapat dimanfaatkan sebagai arang dan karbon aktif, selain itu juga sebagai barang kerajinan,alatrumah tangga dan alat kesenian lainnya, dapat dibuat juga tali pinggang, gelang,sendok, asbak, kancing baju serta perhiasan dinding.
4. Sabut Kelapa
Sabut kelapa dapat dijadikan sebagai bahan baku aneka industri, seperti karpet, sikat, keset, bahan pengisi jok mobil,dan tali. Sedangkan gabusnya dapat dibuat pot bunga, untuk sabut berkaret bisa dibuat batako, kasur dan meubeler.
5. Akar Kelapa
Akar kelapa telah banyak digunakan sebagai bahan baku karya seni, meubeler dan barangkerajinan. Dari akar kelapa pula dapat dihasilkan obat-obatan dan zat warna.
6. Batang Kelapa
Batang kelapa yang sudah tua dapat dignakan sebagai bahan bangunan, jembatan, kerangka papan perahu atau kayu bakar. Batang kelapa juga dapat juga digunakan sebagai bahan industri kerajinan seperti gagang cangkul, patung, tempat buah, asbak, hiasan dinding dan meubeler.

7. Daun Kelapa
Daun kelapa muda untuk kemasan masakan tradisional seperti ketupat atau hiasan janur. Sedangkan daun kelapa tua untuk atap, sapu lidi, tusuk sate, tikar, topi, dan keranjang.

8. Bunga Kelapa
Mayang bunga kelapa yang belum mekar dapat disadap untuk menghasilkan nira kelapa. Nira dapat bermanfaat untuk pembuatan cuka, nata de coco, ragi, minuman beralkohol dan bahan dekorasi.

9. Pelepah Kelapa
Dapat dibuat sebagai industri kerajinan, seperti topi, kipas dan gabus serta bahan bakar.

( Sumber: Bahan Diklat Teknologi Tepat Guna yang diikuti penulis di Jakarta Tangal 22 – 26 juni tahun 2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s