Menghadapi Kelelahan

Lelah adalah gejala pada orang yang menderita penyakit hati, termasuk Hepatitis C. Mungkin anda merasakan kelelahan adalah salah satu gejala dari penyakit yang sangat mengganggu. Cari tahu kombinasi yang tepat dari istirahat dan olahraga dalam menghadapi rasa lelah.

Membuat beberapa keputusan pada aktivitas di tempat kerja dan rumah dapat membantu anda untuk menyimpan energi. Jika pekerjaan anda sangatlah penting, pertimbangkan bagaimana mengurangi beban kerja anda. Di rumah anda dapat meminta anggota keluarga lainnya untuk membagi atau mengambil beberapa pekerjaan yang menjadi tanggung jawab anda.

Tetap aktif

 

Konsultasikan ke dokter anda sebelum melakukan olah raga apapun
Konsultasikan ke ahli kesehatan bila olah raga menyebabkan sakit, denyut jantung tidak teratur, kelelahan yang berlebihan, nyeri, sesak nafas, atau pusing

 
Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kebosanan adalah berolahraga. Meskipun hal itu sangatlah sulit untuk memulainya ketika anda lelah, olah raga dapat segera meningkatkan level energi anda.

 

Aktivitas fisik capat menguntungkan bagi siapa saja yang menjalankannya, begitu juga penderita Hepatitis yang menjalankannya. Hal ini sangatlah penting, sebagai bagian untuk menghadapi kelelahan akibat penyakit kronis.

Cobalah olah raga secara teratur, meskipun anda enggan melakukannya. Selain meningkatkan energi level anda, olah raga juga dapat mengontrol berat badan anda, dimana sangat penting bila anda menderita Hepatitis. Pilih tipe dan level olah raga sesuai dengan anda sewaktu anda masih fit sebelum sakit dan berapa banyak aktivitas yang masih dapat anda toleransi. Jika dulunya anda bermain tenis lapangan, anda dapat juga melakukannya lagi, jika anda pikir menyukainya. Tetapi jika ternyata tenis lapangan menjadi begitu sulit buat anda, cobalah olah raga dengan bentuk lainnya yang lebih ringan.

 

Yang diperhatikan sewaktu berolah raga :

  • lakukan pemanasan 5 hingga 10 menit dengan aktivitas aerobik ringan ( berjalan, memutar lengan anda, lari di tempat)
  • minumlah sedikitnya satu gelas air setiap 15 menit sepanjang waktu olahraga, dan pastikan cukup minum sebelum dan sesudah berolah raga
  • setelah selesai, lakukan pendinginan sekurang-kurangnya 3 menit untuk mengembalikan denyut jantung menjadi normal.

 

 
Walaupun bila anda sebelumnya tidak pernah olah raga, anda dapat memulainya sekarang. Ingatlah untuk menjalankannya secara perlahan-lahan.

 

Olah raga pilihan yang baik diantaranya:

  • Berjalan
  • Berenang
  • Bersepeda
  • Yoga atai Tai Chi
  • Aerobik ringan di kelas atau dengan video.

 

Berjalan adalah pilihan terbaik. Anda dapat melakukannya dimanapun, dan berjalan adalah aktivitas yang baik untuk dilakukan bersama teman atau anggota keluarga lainnya. Sejalan waktu tingkatkan denyut jantung dan jarak tempuh anda. Perlengkapan khusus yang anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu jalan. Jika anda melakukan olah raga jalan di luar rumah, gunakan sunscreen, gunakan pakaian yang berwarna cerah di hari yang panas dan sweater di hari yang dingin.

Keuntungan berolah raga :

  • Mengurangi kelelahan
  • Memudahkan untuk tidur dan tidur lelap.
  • Tidak mudah sakit
  • Meningkatkan kekuatan otot untuk menjalankan aktivitas harian.
  • Menghilangkan stress.
  • Menguarangi depresi dan rasa cemas.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.

 

Cukup istirahat

Istirahat yang cukup dan tidak berlebihan adalah cara lain untuk menghadapi kelelahan. Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah menjaga waktu tidur anda sehingga anda dapat tidur secara penuh di malam hari. Anda mungkin dapat melakukan tidur siang singkat (30 hingga 45 menit) di antara kegiatan anda atau di akhir kegiatan untuk menghindari kelelahan.

One thought on “Menghadapi Kelelahan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s