Apa Itu Insulin?

insulinInsulin | Kalau kita bicara soal diabetes atau kencing manis, maka kita harus bicara juga soal insulin. Karena insulinlah penyebab utama mengapa gula darah (blood glucose) di dalam tubuh kita tidak bisa dikendalikan dengan normal. Banyak ahli mengatakan bahwa jika mau kendalikan gula darah (blood glucose), maka harus mampu kendalikan insulin.

Insulin merupakan salah satu hormon didalam tubuh manusia yang dihasilkan oleh sel beta pulau lengerhans yang berada didalam kelenjar pancreas. Insulin dapat juga disebut protein yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula (glucose) didalam tubuh.

Bagaimana insulin dihasilkan
Insulin pertama kali dibuat pada tahun 1921 oleh Frederick Grant Banting. Sekian lama insulin dihasilkan dari ekstraksi pancreas lembu dan babi. Dalam perkembangan selanjutnya insulin dihasilkan dari ekstraksi biosintetis dan rekayasa genetika yang menghasilkan insulin yang sama dengan insulin manusia.

Bagaimana insulin berfungsi
Pemberian insulin kepada penderita diabetes hanya bisa dilakukan dengan cara suntikan, jika diberikan melalui oral insulin akan rusak didalam lambung. Setelah disuntikan, insulin akan diserap kedalam aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh. Disini insulin akan bekerja menormalkan kadar gula darah (blood glucose) dan merubah glucose menjadi energi.

Jenis insulin
Insulin dapat dibedakan atas dasar:

  1. Waktu kerja insulin (onset), yaitu waktu mulai timbulnya efek insulin sejak disuntikan.
  2. Puncak kerja insulin, yaitu waktu tercapainya puncak kerja insulin.
  3. Lama kerja insulin (durasi), yaitu waktu dari timbulnya efek insulin sampai hilangnya efek insulin.
  • Insulin kerja cepat, bentuknya berupa larutan jernih, mempunyai onset cepat dan durasi pendek.
  • Insulin kerja sedang, bentuknya terlihat keruh karena berbentuk hablur-hablur kecil, dibuat dengan menambahkan bahan yang dapat memperlama kerja obat dengan cara memperlambat penyerapan insulin kedalam darah.
  • Insulin premix (campuran), yaitu insulin yang mengandung insulin kerja cepat dan insulin kerja sedang. Insulin ini mempunyai onset cepat dan durasi sedang (24 jam).
  • Ada juga insulin yang mempunyai durasi panjang (lebih dari 24 jam).

Pengobatan dengan insulin harus berdasarkan kebutuhan masing-masing individu. Dokter akan memilihkan jenis dan kombinasi insulin yang paling sesuai dengan pola hidup diri anda.

Cara simpan insulin
Insulin adalah sediaan yang stabil apablia disimpan dengan baik. Insulin dalam kemasan yang masih tertutup atau tersegel harus disimpan didalam lemari es pada suhu 2-8 derajat celcius. Insulin tidak boleh disimpan didalam freezer karena insulin yang pernah membeku tidak bisa digunakan lagi.

Insulin yang sedang digunakan bisa disimpan pada suhu kamar sejuk kurang lebih 25 derajat celcius. Faktor yang terpenting yang harus dihindari adalah suhu yang terlalu tinggi dan sinar matahari langsung. Insulin yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama akan terurai dan menjadi warna kekuningan. Insulin yang sudah berubah warna tidak boleh digunakan lagi.

Insulin jangan disimpan ditempat yang mungkin menjadi terlalu panas, seperti didalam mobil yang tertutup atau diatas televisi. Insulin jangan dikocok terlalu lama karena akan terbentuk gumpalan seperti benang dan harus dibuang karena tidak dapat digunakan lagi.

Jenis alat suntik (syringe) insulin

  1. Siring (syringe) dan jarumSiring dari bahan kaca sulit dibersihkan, mudah pecah dan sering menjadi kurang akurat.Siring yang terbaik adalah siring yang terbuat dari plastik sekali pakai. Walaupun banyak pasien diabetes yang menggunakan lebih dari sekali pakai, sangat disarankan hanya dipakai sekali saja setelah itu dibuang.
  2. Pena insulin (Insulin Pen)Siring biasanya tertalu merepotkan dan kebanyakan pasien diabetes lebih suka menggunakan pena insulin. Alat ini praktis, mudah dan menyenangkan karena nyaris tidak menimbulkan nyeri. Alat ini menggabungkan semua fungsi didalam satu alat tunggal.
  3. Pompa insulin (Insulin Pump)Pompa insulin (insulin pump) diciptakan untuk mneyediakan insulin secara berkesinambungan. Pompa harus disambungkan kepada pasien diabetes (melalui suatu tabung dan jarum). Gula (Glucose) darah terkontrol dengan sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Sumber : Novocare – Novo Nordisk Diabetes Service

One thought on “Apa Itu Insulin?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s