Type Kencing Manis – Diabetes

DIABETES MELLITUS TYPE 1

Kencing Manis atau Diabetes Mellitus (DM) type 1 biasanya diderita oleh anak-anak dibawah umur dan juga bisa diderita oleh orang dewasa.
Penyebab utamanya adalah disebabkan tubuh tidak menghasilkan INSULIN atau hilangnya sel beta penghasil insulin pada pulau-pulau Langerhans pankreas.
Insulin adalah sejenis hormon yang dibutuhkan tubuh kita untuk mengkonversi gula (glucose) menjadi energi/tenaga.

DIABETES MELLITUS TYPE 2

Penyebab utama timbulnya Diabetes Mellitus (DM) type 2 adalah karena pancreas tidak menghasilkan INSULIN yang cukup atau sel tubuh kita tidak peka terhadap insulin.
Makanan yang kita makan akan diuraikan oleh tubuh menjadi gula dan karbohidrat dan diubah menjadi glucose dan terdapat dalam darah kita. Glucose inilah yang akan menjadi bahan bakar utama untuk sel tubuh kita. Insulin akan membawa glucose kedalam sel tubuh kita dan diubah menjadi energy/tenaga. Apabila insulin yang dihasilkan oleh pancreas sedikit, artinya glucose yang akan dibawah oleh insulin kedalam sel tubuh kita juga sedikit. Akibatnya jumlah glucose yang masih terdapat didalam darah juga tinggi.

GESTATIONAL DIABETES MELLITUS

Type Diabetes Mellitus Gestational biasanya diderita oleh wanita yang sedang hamil.
Bayi yang dikandung oleh seorang wanita hamil terdapat didalam plasenta. Hormon yang dihasilkan oleh plasenta berguna untuk pertumbuhan bayi yang dikandung. Hormon ini akan membatasi usaha insulin si ibu bekerja dengan normal yaitu merubah glucose menjadi energy/tenaga. Masalah ini disebut dengan insulin resistance. Insulin resistance akan menyebabkan tubuh si ibu sulit memanfaatkan insulin untuk merubah glucose menjadi energy/tenaga.
Biasanya Diabetes Mellitus Gestational akan hilang sendiri setelah melahirkan. Atau bisa disembuhkan dengan diit dan olah raga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s