Pakan Kelinci

Pelet kelinci adalah merupakan salah satu konsetrat yang dibutuhkan kelinci . Apakah konsentrat itu? konsentrat adalah bahan pakan dengan nutrisi tinggi yang didalamnya mencakup tanaman bijian dan residu dari proses industri bijian serta bahan lain untuk konsumsi manusia. Pelet biasanya terbuat dari komponen bekatul padi halus,tepung jagung/tepung terigu,tetes tebu, garam dan lain-lain. Untuk kebutuhan serat bisa ditambah hay yang diremukan.

Kebutuhan pelet untuk kelinci harus diperhatikan jumlah kebutuhannya :
  • Kelinci dewasa antara 100-140 gram
  • Kelinci bunting 160-200 gram
  • Kelinci umur 2,5 – 4 bulan < 70 gram
Pemberian pelet tidak boleh berlebihan karena berakibat kegemukan pada kelinci, hal ini akan menganggu kesehatan kelinci iu sendiri. Apabila terjadi kegemukan maka kelinci perlu melakukan diet atau kelinci di umbar diluar kandang biar beraktifitas sehingga kelinci mengeluarkan tinja sesering mungkin.

Dibawah ini contoh komposisi pelet buatan Asep Sutisna Lembang Bandung
A.Pelet tanpa rumput

  • Ampas tahu 50%
  • Bekatul 40%
  • Tepung jagung giling 9%
  • Mineral ( garam yodium ) 0,5%
  • Arang aktif (arang batok kelapa/karbon norit ) 0,5%
B.Pelet dengan rumput
  • Bungkil kelapa 9%
  • Bekatul 50%
  • Tepung jagung giling 10%
  • Bungkil keledai 20%
  • Rumput kering 10%
  • Premix 0,5%
  • Arang aktif (arang batok kelapa/karbon norit ) 0,5%

Berikut komposisi pelet Chandika Rabbit dari sebuah literatur :

1. Kelinci yg sedang dalam masa pertumbuhan,

  • Jagung Giling 62.5%
  • Bungkil Kedele 15%
  • Dedak Halus 20%
  • Tepung Tulang 1%
  • Garam 1.5%

2. Penggemukan (Kelinci pedaging)

  • Jagung Giling 42%
  • Bungkil Kedele 25%
  • Dedak Halus 30%
  • Tepung Tulang 1.5%
  • Garam 1.5%

3. Induk Produktif

  • Jagung Giling 52%
  • Bungkil Kedele 12.5%
  • Dedak Halus 22.5%
  • Tepung Tulang 1.5%
  • Garam 1.5%

.Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang mau mencoba membuat pelet

Sumber materi : buku ” Kelinci -pemeliharaan secara ilmiah,tepa dan terpadu ” pengarang fainz manshur dan www.chandikarabbit.wordpress.com

Makanan Altenatif Kelinci Selain Pelet

Pelet merupakan makanan yang bergizi buat kelinci , karena harganya yang cukup mahal antara Rp 8.000,- Rp 15.000,- per kg maka cukup menguras kantong para peternaka maupun penghobi. Tidak ada salahnya kalau kita dapat menyajikan mekanan altenatif yang tidak jauh bergizinya dengan pelat kelinci.
Ada beberapa pakan altenatif yang dapat disajikan ke Kelinci, tentunya dengan pelan-pelan penyajiannya apabila sebelumnya pakannya memakai pelet.

A. Pakan Altenatif dari Bekatul/dedak

Hal ini disarankan memakai bekatul/dedak padi bukan ketan , karena dedak ketan akan lengket yang mengganggu pecernaan kelinci. Bagaimana cara penyajiannya ?

  • Bekatul/dedak dicampur dengan air secukupnya , jangan terlalu banyak air
  • Pastikan tempat pakan bersih dan tidak tercampur dengan kotoran, apabila ada sisa makanan lebih dari 3 jam sebaiknya dibuang
  • Komposisi pembuatan untuk 1 kg bekatul/dedak : bekatul 1 kg , tepung jagung/dedak gandum 1/2 kg, garam sepucuk sendok teh, kalsium khusus untuk ewan pemakan rumput 1/2senok teh ( cat ; garam dan kalsium tidak terlalu penting, karena kelinci mendapatkan mineral dari rumput, sedangkan kalisum dari makanan lain
  • Kandungan Bekatul kasar ( kulitgabah yang bercampur dengan pecahan padi ) ; protein 13,2 – 27,3 %, lemak 17 – 22,9% , serat 9,5 – 13,2 %, Abu 9,2 – 11,5%, N bebas 39,6 – 60,8%, Pati 16,1%, Gula 6,4 – 6,5 % dan juga Vit BKompleks ( B1, B2, B3, B5, B6 dan B 15 )
B. Pakan Altenatif dari Ampas Tahu

Kandungan apa aja yang ada pada ampas tahu ?
Protein 23,55%, lemak 5,54%, karbohidart 26,92%, abu 17,03%, serat kasar 16,53% , air 10,43% ( data : kementerian negara risetdan teknologi )

Bagimana Cara penyajian ?

  • Karena kandungan air pada ampas tahu banyak maka peras ampas tahu sampai kenyal
  • Pastikan tempat pakan bersih dari kotoran dan pakan habis sebelum 3- 4 jam , apabila lebih alangkah baiknya dibuang sisa makanan tersebut
  • Komposisi pakan ampas tahun setiap 1kg : ampas tahu sudah diperas 1 kg, bekatul padi 1/2 kg, jagung giling 1/2 kg dan kalsium khusus untuk hewan pemakan rumput 1/2 sendok teh.
Dengan adanya bebarapa pakan alternatif diatas kita semakiin banyak pilihan, terutama para peternak yang jauh dari kesedian pakan pelet ataupun pakan lain buatan pabrik yang biasa digunakan para peternak kelinci ( polar, gemuk A, white brand ).

sumber : internet, buku kelinci

Pakan Berkualitas untuk Kelinci

A. Daun Pepaya

Kadungan gizi pada daun pepaya antara lain : Vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 mg, vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal. protein 8,0 mg, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg, fosfor 63mg, Besi 0,8 mg, air 75,4 gram.

Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Pemberian daun pepaya harus dilayukan min 4 jam , karena kondisi basah/segar getahnya membuat gatal mulu dan kerongkongan kelinci

B. Wortel

Kelinci sangat menyukai wortel, pakan jenis ini kelinci tidak perlu menyusaikannya. Kandungan yang ada pada wortel yaitu : vitamin A yang sangat tinggi sebesar 12.000 SI, kalori 42 kal, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, Vitamin B1 0,06 miligram, Vitamin C 6 miligram (hasil riset BPPT dalam situs Sentra informasi IPTEK )

Apa khasiat dari Wortel ?

  1. Vitamin A pada wortel untuk memperkuat pandangan, mempercepat proses penyembuhan luka dan menekan pertumbuhan sel kanker
  2. Daun Wortel mengandung beta karoten untuk meningkatkan hormon seksual
  3. Akar wortel untuk memperkuat fungsi hati, melancarkan air kencing, mengusir zat yang tidak berguna dan melindungi tubuh dari racun.
Pemberian wortel 1 hari cukup 1 batang, ini sangat bagus untuk kelinci hamil atau menyusui. Wortel busuk atau dari almari es jangan diberikan .

C. Ubi Jalar

Kandungan kimia pada ubi jalar antara lain : Energi 81,1 ( kj/100 gram ), protein 1,43%, Lemak 0,17 %, pati 22,4 %, Gula 2,4 %, Serat Makanan 1,6 %, Kalsium 29 % ( mg/100gram ), fosfor 51 % (mg/100 gram ), besi 0,49 % ( mg/100 gram), vitamin A 0,01% ( mg/100 gram ), Vitamin B1 0,09% ( mg/100 gram 0, Vitamin C 24 % ( mg/100 gram ) , air 83,3 % gram.

Apa khasiat dari ubi jalar ?

  1. Mampu menyerap kelebihan serta kadar lemak atau kolesterol darah
  2. Mencegah sembelit dan memudahkan buang angin
Pemberian ubi jalar adalah sebagai pakan tambahan yaitu 1 minggu sekali . Hindarkan pakan ubi jalaryang tidak bagus , yaitu ada bercak hitam pada ubi tersebut.

D. Tomat


Tomat adalah sumber vitamin C dan A yang sangat baik karena 100 gram tomat memenuhi 20 % atau lebih dari kebutuhan vitamin C dan Vitamin A sehari .

Apa khasiat dari Tomat ?

  1. Memelihara kesehatan gigi dan gusi
  2. Mempercepat peyembuhan luka-luka
  3. Menghindarkan terjadinya pendarahan pembuluh darah halus.
  4. Untuk kesehatan organ penglihatan,sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan reproduksi
  5. Sebagai anti oksidan
Karena tomat mengadung amoniak ( senyawa kimiadengan rumus NH 3 yang dapat menimbulkan bau tidak enak ) maka tomat tidak direkomendasikan sebagai pakan kelinci.
Pemberian tomat sesekali aja , pastikan pemberian tomat pada kelinci tertentu saja seperti terkena sembelit atau tambahan dalam pembuatan pelet.

Jadwal Pemberian Pakan

Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci adalah jadwal memberi makan hewan kesayangan kita. Seperti halnya manusia , kelinci memerlukan perhatian dan kebutuhan yang cukup dalam makanan.

Jadwal yang rutin dan kosisten akan membantu pertumbuhan kelinci menjadi sehat dan terawat .
Berikut jadwal pemberian pakan yang baik :

A. Pagi ( jam 8:00 )

  1. Pemberian pakan padat berupa bekatul, ampas tahu atau pelet
  2. pakan padat untuk kelinci anakan 70 gram, kelinci dewasa 90 – 100 gram, dan induk kelinci 120 gram
  3. Jangan lupa ketersedian air minum
B. Siang ( Jam 13:00 )
  1. Pemberian sayuran tambahan berupa hijauan yang dilayukan atau wortel 1 batang untuk satu ekor kelinci untuk kelancaran pencernaan kelinci
C. Malam ( jam 19:00 )
  1. Pemberian rumput yang layu sebrat 8 ons – 1, 5 kg atau menyesuaikan kebutuhan makan kelinci
  2. Apabila kesulitan dalam mencari rumput , makanan padat dapat dimanfaatkan ( pelet, bekatul, atau amapas tahu )
Makanan yang lain dapat menggunakan polar, Gemuk A, white brand . Vitamin dapat diberikan setiap satu bulan , baik dengan injek ( suntik ) maupun dicampur dengan minuman .Kebutuhan vitamin kelinci dapat dilihat label ” obat dan vitamin kelinci “

30 tanggapan untuk “Pakan Kelinci”

  1. Tolong diposting langkah dlm membuat pelet kelinci. Karena saya sdh cri d intrnet n bku2 tntang klnci blm ktemu smpe skrg. Skedar info sy tinggl d balikpapan,kaltim. Trims

  2. saya sbentar lagi mo piara klinci pedaging,yang belum paham berapa sih kebutuhan hijauan per kg bobot badannya & konsentrat per kg bobot badannya. trus klo lagi ga ada hijauan,bolehga hanya diberi konsentrat aja.untuk rekan-rekan yg sudah pengalaman piara kelinci kasih infonya dong.cp 081220117244

  3. Pak…! bgaimna klau tdk ada ampas tahu apa pengganti ampas tahu…!!! Trim”s.
    Ini no HP sya: 08991832080.

  4. aduhggg.,.,gan klinci di rumah trlalau banyak.,.,ada kenalan untuk menjualnya.,.,??
    mohon kerja samanya.,,(sukabumi)

  5. maaf, gimna y carax untuk memberi pakan kelinci dengan dedak, Q kurang ngerty…
    Yg bisa tolong dijelasin lg ya…. cara penyajian diatas ap hrus lengkap, kalok langsung diberi dedak g usah dicampur g5n…?

    Mksih

  6. pak kenapa kelinci setelah dikasih makan dedak malah banyak yang mati. oh ya, begini ceritanya sya baca di buka tentang pakan kelinci yang di fermentasi, yaitu gedebong pisang,dedak, dan air gula ysaya buat makan kelinci, tidak lama kemudian 1 atau 2 hari pasti kelinci ada yang matri,terima kasih,

Tinggalkan komentar